021 - 3922 753 / 0821 2244 8944 mashair.azim.tour@gmail.com

Budaya Organisasi

Menurut B. Uttal, Bo adalah sebuah sistem nilai-nilai dan kepercayaan yang dimiliki bersama yang menghasilakn sebuah norma perilaku bersama tentang cara sesuatu dilakukan dalam sebuah organisasi (the way we do things around here). Dengan kata lain, BO dibentuk / dibangun oleh sekelompok orang, dan terdiri dari keyakinan, perasaan, dan nilai-nilai kelompok.

Terbentuknya BO (termasuk cara kerja) dalam sebuah organisasi terkait erat dengan visi, misi serta kebijakan-kebijakan yang digariskan perusahaan dalam mencapai tujuan operasionalnmya. Visi dan misi yang digariskan oleh perusahaan itu akan diterjemahkan dalam kebijakan-kebijakan perusahaan dan dilaksnakan oleh seluruh staf karyawan perusahaan dalam bentuk nilai-nilai dan prilaku kerja bersama.

Keyakinan dan nilai-nilai itu akan berbeda tergantung sifat kelompok kerja serta lingkunga yang mereka hadapi.

Ciri khusus dari BO (termasuk pelayanan atas produk dan jasa yang diberikan oleh perusahaan pada stake holdersnya) yang dimiliki oleh sebuah perusahaan merupakan sebuah identitas (bagian yang tidak terpisahkan) bagi terbentuknya citra perusahaan yang berbeda dari pesaing.